Therefore, phonics instruction plays a key role in helping students comprehend text. It helps the student map sounds onto spellings, thus enabling them to decode words. Decoding words aids in the development of word recognition, which in turn increases reading fluency. Reading fluency improves reading comprehension because as students are no longer struggling with decoding words, they can concentrate on making meaning from the text.
Dalam menguasai ketrampilan membaca, anak juga harus melalui tahapan yang benar, agar hasilnya baik. Umumnya anak2 yang belum menguasai warna, tidak akan mampu memahami huruf. Shg stimulasi huruf dilakukan setelah anak memahami warna kompleks dan primer. Warna komplek yang dimaksud yaitu warna hijau tua, hijau muda, coklat tua, coklat muda, jingga, abu-abu, dll.
Salah satu metode yang dapat dipakai serta disarankan saat ini adalah phonics. Suatu sistem pengajaran membaca dimana anak menyeruakan bunyi dari huruf yang ada. Contoh, huruf 'L' disuarakan dengan 'el', 'O' dengan 'Oh', dan 'G' dengan 'Geh', untuk membentuk satu kata LOG. Metode ini sudah dipakai Montessori lebih dari 100 tahun lalu, "papar Erlin Paulina Tambunan, staf pengajar di Ceria Montessori International School, Simpruk Jakarta Selatan.

Tanpa memiliki pengetahuan tentang bagaimana huruf-huruf dalam suatu kata diucapkan, anak-anak akan mengalami kesulitan dalam mengenal dan mengingat kata, sehingga mereka cenderung mendapat masalah besar dalam membaca dan menulis. Dengan menguasai phonics, anak-anak dapat dengan mudah memahami isi wacana, menulis berbagai bentuk tulisan, termasuk membuat puisi dengan kata-kata berima yang tepat.
×